Iklan

Buka Tahun 2021, IPNU IPPNU Magelang Gelar Lakmud Puspa Buana Pertama

1/02/2021, 20:11 WIB Last Updated 2021-01-02T13:11:11Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

MAGELANG - Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU Kabupaten Magelang gelar Latihan Kader Muda "Puspa Buana 1" pada Selasa-Jumat, 29 Desember 2020 - 1 Januari 2021 di Pondok Pesantren Raudlotut Thulab, Prajeksari, Wonosari, Kecamatan Tempuran, Magelang.

Hadir dalam acara pembukaan diantaranya KH. Ahmad Said Asrori, Ky. Kholil Mustamid Asrori dan Gus Shidqi Lubaid selaku Pimpinan Pondok Pesantren Roudlotut Thulab; KH. Toha Mansur dan KH. Ahmad Izzudin,LC.,M.Si. selaku Rois Syuriyah dan Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Magelang beserta jajaran: Syuriyah dan Tanfidziyah MWC NU Kecamatan Tempuran.


Dalam sambutannya, Ahmad Izzudin selaku Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Magelang mengapresiasi kegiatan Lakmud ini. Momen ini adalah perjuangan estafet kepengurusan IPNU-IPPNU dan tentunya untuk kepengurusan NU di masa depan.

“Awali pengkaderan ini dengan meneladani akhlaqul karimah Baginda Nabi Muhammad SAW, yaitu dengan menanamkan tasamuh dalam keberagaman kehidupan dengan bingkai ber-Pancasila dan ber-UUD 1945 serta memelihara keutuhan NKRI. Kemudian siap mempertahankan Ahlussunnah Wal Jamaah an-Nahdliyah. Kader IPNU IPPNU yang sudah lulus lakmud tentunya tidak perlu dipertanyakan lagi komitmennya dalam ber IPNU IPPNU.” tuturnya

Latihan Kader Muda (Lakmud) merupakan latihan tahapan kedua jenjang kaderisasi di IPNU IPPNU setelah mengikuti Masa Kesetiaan Anggota (Makesta). Lakmud kali ini mengusung tema "Sinergi Kader Muda Menuju Aktualisasi Kemandirian Kaderisasi".

Hal itu diungkapkan oleh Ketua PC IPNU Kabpaten Magelang, Muhammad Adnan dalam sambutannya pada pembukaan Lakmud "Puspa Buana 1", Selasa siang (29/12).


 Lanjutnya lagi Gus Adnan sapaan akrabnya menjelaskan maksud dan tujuan kenapa Lakmud kali ini diberinama Puspa Buana 1.

"Puspa berarti Bunga, sedangkan Buana Berarti Jagad. Maksudnya adalah Kembange Jagad (dalam bahasa jawa). Nama ini diperoleh dari hasil musyawarah PC IPNU-IPPNU Kabupaten Magelang bersama jajaran Majelis Alumni IPNU IPPNU. Nama juga digunakan oleh grub drum band Banser era 70 an." Jelas M. Adnan.

Ketua Panitia, Takhasasu Adkha mengatakan total jumlah peserta yang ikut Lakmud kali ini sebanyak 41 orang yang terdiri dari perwakilan anggota PAC se Kabupaten Magelang.

"Sebelumnya, jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 79 orang. Namun setelah melalui tahap 3 kali assesment dan seleksi terpilihlah 41 orang." ungkap Takhasasu Adkha

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Aad ini menjelaskan bahwa pihak panitia tetap mematuhi protokol covid 19 selama kegiatan berlangsung.

"Tidak hanya diseleksi secara kemampuan, namun sebelum mengikuti lakmud kami menghimbau seluruh peserta untuk isolasi dirumah masing-masing 1 minggu sebelum mengikuti Lakmud. Termasuk dari jumlah peserta pun kita batasi karena kami hanya mendapatkan izin maksimal 50 orang serta wajib menyertakan surat sehat dari puskesmas setempat" pungkas rekan Aad.

Acara ditutup pada hari Jumat sore (01/01) oleh Gus Shidqi Lubaid selaku Jajaran Pengasuh PP. Roudlotut Thulab. Sebelumnya, pada Jumat dini hari sudah dilakukan proses pembaiatan yang dipimpin oleh Ky. Kholil Mustamid Asrori, Jajaran Pengasuh PP. Roudlotut Thulab sekaligus Alumni PC IPNU Kabupaten Magelang periode 2007-2010.

Pelaksanaan Lakmud Puspa Buana 1 dijadwalkan 4 hari, Selasa-Jumat, 29 Desember 2020 - 1 Januari 2021. Serangkaian materi telah disiapkan. Para pemateri yang sangat mumpuni di bidangnya telah dihadirkan yang juga terdiri dari jajaran Syuriyah dan Tanfidziyah serta Majelis Alumni IPNU IPPNU.

Kontributor: Thoyyib Rizqi
Komentar

Terkini