Iklan

Sanad Dalail Al-Khoirot Al-Maghfurlah KH Dalhar Watucongol

5/16/2022, 00:32 WIB Last Updated 2022-05-15T17:32:45Z


Oleh Abdul Aziz Idris 

Menjadi lazim bagi kalangan toriqoh Syadziliyyah membaca aurod sholawat yang terkumpul dalam kitab Dalail Al-khoirot karangan Imam Abu Abdullah Muhammad bin Sulaiman Al-Juzuly. Karena memang beliau adalah terbilang mujadid, pembaharu dalam toriqoh ini, setelah Imam Juzuly menempuh perjalanan sebagai seorang Salik ( pengikut toriqoh ) selama bertahun tahun hingga ditunjukkan guru oleh Syekh Dzarruq. Imam Juzuly berguru kepada Syekh Abu Abdullah Muhammad Amghor dan berbaiat toriqoh Syadziliyyah dengan memulai perjalanan suluknya dengan khulwah ( menyepi ) selama 14 tahun. Toriqoh Syadziliyyah memang tetap seperti aslinya sebagaimana diasaskan Imam Abu Hasan Ali Al-Syazily tetapi di zaman Imam Jazuly ada sedikit perubahan, yang kemudian ditajdid oleh Imam Juzuly dengan menyusun kitab aurod sholawat Dalail Al-khoirot dan menjadikan aurod wajib bagi murid-murid beliau dan menjadikan guru, Mursyid sebagai hal yang pokok untuk penempuh jalan suluk/toriqoh. Karena pada awalnya toriqoh ini tidak mensyaratkan adanya Mursyid seperti disinggung oleh Dr. Hasan Jalab : 
وبنى الشاذلي طريقته على المواظبة على الذكر والصلاة على النبي صلى الله عليه وآله وسلم ، ولم يشترط الشيخ 
" Imam Syadzily membangun toriqohnya dengan dasar pembiasaan atas Dzikri dan bersholawat kepada Nabi SAW, dan tidak mensyaratkan guru "

Atas dasar inilah kemudian Imam Juzuly menetapkan kitab aurod Dalail Al-khoirot sebagai aurod yang harus dibaca kalangan Syadziliyyah. 

Perkembangan toriqoh Syadziliyyah sedemikian luas dan menyebar ke hampir seluruh penjuru dunia, ini juga memberi warna tersendiri bagi para pengikutnya, ada beberapa corak di toriqoh ini. Apa yang ditajdid oleh Imam Juzuly memberi corak tersendiri dibandingkan dengan jalur toriqoh ini dari Masyayekh yang lain. 

Di Indonesia terlebih di Jawa toriqoh ini juga tersebar salah satu Mursyid yang terkenal adalah beliau Al-Maghfurlah Simbah KH.Dalhar Watucongol Muntilan Magelang. Corak toriqoh Syadziliyyah beliau adalah corak Juzuliyyah Syadziliyyah maka beliau juga memberikan riwayat ijazah kitab Dalail Al-khoirot karena memang asas toriqoh Syadziliyyah adalah memperbanyak dzikir sholawat. 

Secara riwayat Al-Maghfurlah Simbah KH.Dalhar mendapatkan ijazah, sanad Dalail Al-khoirot dari Syekh Sayyid Muhammad Amin bin Syekh Sayyid Akmad bin Syekh Sayyid Ridlwan. Sanad beliau setingkat dengan Ulama Nusantara yang lain yang satu kurun seperti Syekh Mahfudz Termas, KH. Idris Jamsaren Solo dan sebagainya. Tertulis riwayat ijazah sanad beliau hari Jumat, tanggal 20 Jumadil ula tahun 1322 H di kota Madinah. 

Guru beliau Syekh Sayyid Muhammad Amin Al Madany memang menyebut dirinya dalam sanad tersebut sebagai المتثبت بخدمة دلائل الخيرات ( Yang mengukuhkan diri sebagai pelayan Dalail Al-khoirot ) di kota Madinah, sehingga nama beliau terkenal dikalangan Ulama sebagai شيخ الدلائل في الروضة الشريفة yang saat itu dalam pandangan beliau langka, jarang peminat ijazah tersebut. Dalam sanad ini beliau Mujiz menyebut KH. Dalhar dengan ungkapan berikut : 

الماجد اللبيب والحاذق الا ريب ، الحج محمد نحراوي بن الحج عبد الرحمن واتو جوعول منتلان توجه الله بتاج أهل التوفيق بين العباد وعم به النفع لكل ما خل وباد.  
Sebuah bentuk pengukuhan atas keilmuan kepada beliau Al-Maghfurlah KH.Dalhar yang saat itu masih menyebut diri dengan nama awal yakni Muhammad Nahrowi. Dan penulis belum mendapatkan data valid sejak kapan beliau menganti dengan nama Dalhar. 

Secara umum sanad beliau ketika sampai kepada Syekh Sayyid Muhammad Amin Ridlwan juga serupa dengan sanad ulama lain yang sekurun dengan beliau. Semoga kita semua mendapatkan berkah beliau dengan peringatan Haul tahun ini. Amin
Komentar

Terkini