Iklan

Malam Inaugurasi, Kado Istimewa Santri Baru Pondok Pesantren Putri Al-Hidayat Salaman

7/22/2020, 08:23 WIB Last Updated 2020-07-22T01:23:39Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

SALAMAN - Pondok Pesantren Putri Al-Hidayat Kedunglumpang Salaman Magelang menyelenggarakan Acara Malam Inaugurasi Santri Baru tahun ajaran 2020 pada hari sabtu malam (05/07) di halaman gedung Walisongo PP. Al Hidayat Kedunglumpang, Salaman.

Malam Inaugurasi atau malam pengukuhan santri baru telah menjadi agenda rutin tiap tahun yang dikhususkan untuk santri baru yang telah lolos dalam seleksi selama 40 hari dan telah mengukuhkan santri baru sebanyak 90 orang yang berasal dari Jakarta, Kalimantan, Batam, Banyumas, Jepara, Wonosobo, Temanggung dan yang paling banyak berasal dari Magelang.

Ky Ahmad Zaenal Mubarok, salahsatu pengasuh PP Al Hidayat menjelaskan bahwa acara ini diselenggarakan setelah para santri baru tersebut mulai masuk pesantren tanggal 5 Juli yang lalu, dilanjutkan dengan masa taaruf santri serta pengenalan lingkungan pesantren & MPLS bagi santri SMP Tahfidz Al-Hidayat. 

"Inti Malam Inugurasi ini adalah malam pengukuhan bagi santri baru yang telah berhasil melalui tahapan-tahapan proses penerimaan santri baru. Niat tholabul ilmi li izalati jahli. Dan secara resmi sekarang kalian semua telah menjadi keluarga besar Pondok Pesantren Al-Hidayat", tambah pria yang akrab disapa Gus Barok.

Pada akhir sambutan mewakili pengasuh, Ahmad Zaenal Mubarok juga menghimbau para santriwati agar tetap semangat dalam mencari ilmu.

"Semoga para santri baru di pondok diberikan krasan kewarasan, sehat wal afiat, dan nantinya mendapatkan ilmu yang manfaat manfaati barokah mbarokahi, berkhidmah untuk umat bangsa dan negara 'ala ahlissunnah wal jamaah.", harapan Pak Barok

Pengukuhan santri baru ditandai dengan pembacaan ikrar santri, mencium bendera merah putih serta doa dari 9 guru, diantaranya Nyai Hj. Shintok Nabilah Asrori, Ky Muhammad Akil Asrori, Nyai Basiroh Asrori, Nyai Lisa Maurida S.Ag (Kepala Madrasah Diniyah Al-Hidayat), Hj. Endang Bakir (Ketua Komite SMP Tahfidz Al-Hidayat), Nyai Ulya Izzati, M.Pd (Kepala Sekolah SMP Tahfidz Al-Hidayat.

Pentas kreasi seni para santri menjadi penutup acara malam inaugurasi ini. Selain itu, semua hal yang berkenaan dengan acara mulai dari dekorasi, penyambutan tamu, dan penyiapan lahan parkir terkonsep dengan sangat rapi dan apik.

Pondok Pesantren Putri Al Hidayat sendiri merupakan pondok yang didirikan dan diasuh oleh Ibu Nyai Hj. Shintok Nabilah Asrori & KH. Ahmad Lazim. Pondok ini berdiri sejak tahun 1986. Sampai saat ini tercatat ada 200 lebih santri putri yang bermukim di pesantren itu.

Selain fokus untuk menghafal Alquran, para santri juga diberikan ilmu dari kitab kuning, baik soal fiqih, fasolatan, nahwu seperti shorof, umrithi, jurumiyah, alfiyah hingga ketauhidan. 

Kontributor: Tim Humas PP Al Hidayat
Editor: Thoyyib Rizqi
Komentar

Terkini