Iklan

BUMNU, Semangat Implementasi Kemandirian Usaha NU di Abad Ke-2

4/22/2023, 00:38 WIB Last Updated 2023-04-21T17:38:30Z

 


Nahdlatul Ulama (NU) adalah organisasi Islam terbesar di Indonesia yang bergerak dibidang keagaman, pendidikan, sosial dan ekonomi. Usia NU telah melampaui satu abad atau 100 tahun. Memasuki abad ke-2, NU memiliki banyak cita-cita di berbagai bidang, salah satunya bidang kesejahteraan dan perekonomian.


Ketua PCNU Kabupaten Magelang KH Ahmad Izzudin mengungkapkan berbagai program PCNU di bidang perekonomian kesejahteraan rakyat saat ini meliputi pengembangan sumber daya perkumpulan. Hal itu disampaikan dalam acara Tasyakuran 1 Tahun BAQNU pada Sabtu sore (15/04) lalu di Aula Kartikanawa, Gedung PCNU Kabupaten Magelang.

"Ekonomi NU memasuki 1 Abad ini harus menjadi warga NU yang mandiri secara ekonomi. Tentu yang kita cita-citakan melalui BUMNU itu adalah meningkatkan kepastian ekonomi organisasi NU sebagai perkumpulan ulama. Kemudian cita-cita kedua tentu saja meningkatkan kesejahteraan Jemaah NU sebagai wujud dari cita-cita atau tujuan jemaah jam'iyyah NU sendiri,” ucapnya.

Lebih Lanjut, KH Ahmad Izzudin mengapresiasi kinerja BUMNU yang memasuki 1 tahun ini sudah berhasil menjual lebih dari 100.000 karton.

Ketua BUMNU PCNU Kabupaten Magelang Ahmad Sulistyo mengatakan pentingnya kerja keras tim untuk mendapatkan hasil yang maksimal.



"Alhamdulillah Baqnu sudah terbukti dapat diterima masyarakat, dengan total penjualan 139.762 karton di tahun pertama. Tentunya pencapaian ini tidak akan bisa dicapai apabila tidak adanya koordinasi dan tim solid dari agen-agen Baqnu yang tersebar di penjuru Kabupaten Magelang." ungkapnya.

Oleh sebab itu lanjut Ahmad Sulistyo, pencapaian baqnu ini kemudian ditambahkan dengan berkembang ke produk-produk sembako guna mendukung eksistensi di pasar umum.

"Tidak hanya BAQNU, kini BUMNU juga membuat program Toko NU Mandiri Grosir Melalui kemitraan antara BUMNU Ranting, BUMNU MWC dan BUMNU PCNU Kabupaten Magelang guna mewujudkan kemandirian umat dengan menyediakan kebutuhan pokok masyarakat di toko /warung  NU Ranting." jelas Ahmad Sulistyo.

Saat ini sudah ada 5 toko aktif yang bermitra bersama BUMNU PCNU Kabupaten Magelang diantaranya NU Grosir Mungkid, NU Mandiri Grosir Muntilan di Randukuning, Toko JQ Mart di Sucen Salam, Toko Miguna Mart Gunungpring, dan terakhir Toko NU Mandiri Windusari.

“Ayo Bersama - sama memulai mewujudkan kemandirian dengan mengakses program Toko NU Mandiri Grosir, Kita harus mulai melangkah bersama untuk mewujudkan mimpi." pungkas Ahmad Sulistyo.


Kepada NU Online Magelang, Ketua Panitia Rachmad Erwanto mengungkapkan acara Tasyakuran 1 tahun Baqnu ini adalah acara yang diselenggarakan oleh BUMNU PCNU Kabupaten Magelang bersama dengan agen-agen Baqnu se Kabupaten Magelang.

"Terimakasih kepada seluruh hadirin yang sudah hadir. Adapun acara ini tidak hanya tasyakuran namun juga diadakan Seminar Implementasi Nahdlotut Tujjar oleh LPNU dan juga pemberian reward mareketing terbaik kepada agen Baqnu." ungkap Rachmad Erwanto.

Baqnu artinya kepanjangan dari Barokah Ayat Quran Nahdlatul Ulama. Nama tersebut digunakan sebagai nama produk air mineral yang dijual oleh BUMNU PCNU Kabupaten Magelang.

Acara dihadiri oleh Rois Syuriyah KH Toha Mansur dan Ketua PCNU Kabupaten Magelang KH Ahmad Izzudin beserta jajaran tanfidziyah, Perwakilan Badan Otonom Tingkat Cabang, MWC se Kabupaten Magelang dan Agen-agen Baqnu se Kabupaten Magelang.

Kontributor : Thoyyib Rizqi

Komentar

Terkini

Sejarah

+