Iklan

Ringankan Beban Korban Erupsi Merapi, Ansor Magelang Masifkan Gerakkan Relawan Ngarit

3/16/2023, 05:57 WIB Last Updated 2023-03-15T22:57:50Z

 


SALAM-Sejumlah relawan dari Ansor dan banser terlihat sibuk memuat rumput ternak pada sebuah mobil bak terbuka, rumput-rumput ini akan dikirim ke daerah terdampak erupsi merapi diantaraya Kec Sawangan, Kec Dukun, Kec Srumbung dan Kec Candimulyo.

“Gerakan “Relawan Ngarit” ini adalah jawaban atas kondisi lingkungan di area terdampak erupsi merapi, dimana para peternak mengalami kesulitan untuk mencari rumput sebagai pakan hewan ternaknya” Ujar Ketua Ansor Kec Salam, Muhammad Ulinnuha



“Awalnya kami mendapat broadcast Whatsapp grup dari rekan Ansor yang berada di lokasi berupa permohonan bantuan Pakan ternak, broadcast ini kemudian menyebar, menjadi gerakan responsif, lalu dengan semangat gotong-royong, mereka mencari rumput” Perjelas Muhammad Ulin Nuha 

Dikutip dari magma.esdm.co.id kondisi merapi sudah mencapai level siaga sejak 5 November 2020, dan dinyatakan memasuki masa erupsi efusif pada tanggal 4 Januari 2021 yang ditandai dengan aktivitas berupa pertumbuhan kubah lava, guguran, dan awan panas guguran. Pada Sabtu 11 Maret 2023 pukul 12.12 WIB terjadi rentetan awan panas guguran di Gunung Merapi bersumber dari longsoran kubah lava barat daya. Hingga pukul 15.00 WIB siang ini, tercatat 21 kali awan panas guguran dengan jarak luncur maksimal kurang lebih 4 km ke arah barat daya yaitu di alur Kali Bebeng dan Krasak. Pada saat kejadian, angin di sekitar Gunung Merapi bertiup ke arah barat laut-utara. Awan panas guguran ini menyebabkan hujan abu ke beberapa tempat terutama di sisi barat laut-utara Gunung Merapi dan mencapai Kota Magelang.

“Gerakan “Relawan Ngarit” ini bersifat responsif, saat saudara kita di lereng merapi terkena musibah dan membutuhkan bantuan, Ansor dan Banser langsung sigap dan tanggap” Kata Kasatkorcab Banser Kab Magelang Sularno,MB.

“Nah, rumput ternak ini termasuk kebutuhan penting bagi para korban, sebagai keberlanjutan mata pencaharian warga setempat. Disisi lain rumput ternak juga mudah ditemukan, bahkan pada hari Selasa kemarin, pihak Sekolah Taruna Nusantara juga menawarkan rumput “Kolonjono” dan “Gajahan” untuk di manfaatkan” Pungkas Sularno.

“Inisisasi Gerakan “relawan ngarit ini juga dilakukan oleh Ansor di Kec Muntilan, Kec Ngluwar, Kec Mertoyudan dan Kec Kaliangkrik, sementara dari wilayah lain hari ini akan menyusul” Kata Ketua Ansor Magelang M. Arif Sholihan



“Tidak hanya rumput ternak semata, kebutuhan masker juga sudah kami distribusikan kepada warga di Kec Dukun pada Sabtu petang lusa, dan saat ini tim Relawan Ansor Kab Magelang masih melakukan assasemen dan pemetaan kebutuhan warga terdampak tentunya berkoordinasi dengan pemerintah setempat, para relawan dan warga setempat” pungkasnya.

Pewarta : Khoirul Umam

Komentar

Terkini

Sejarah

+