Iklan

Innalillahi, H.Yahya Haryoko, SPd. Tutup Usia

7/25/2020, 10:50 WIB Last Updated 2020-07-25T03:50:38Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


H. Yahya Haryoko, S.Pd lahir di dusun Ngabean Sidowangi Kec. Kajoran Kab. Magelang pada November 1962 putra pasangan KH. Saifuddin Haryoko dan Ibu Hj. Chofsoh. 

Beliau dilahirkan di lingkungan keluarga besar Pondok Pesantren Al-Huda Sugihan, Kajoran, Magelang. Menempuh pendidikan di MI Ma'arif Sidowangi Kajoran, MTs Walisongo Kajoran, PGAN Magelang dan IKIP Yogyakarta.

Semenjak remaja beliau aktifis di IPNU baik tingkat Pimpinan Anak Cabang maupun Pimpinan Cabang Kabupaten Magelang, kemudian berjenjang ke GP. Ansor Kecamatan Kajoran sebagai sekretaris selama 2 periode serta aktif di MWCNU Kecamatan Kajoran sebagai sekretaris juga selama 2 periode dan terakhir di PCNU sebagai salah seorang anggota A'wan Syuriah. 

KARIER POLITIK
Sejak usia muda H Yahya Haryoko sudah menjadi pecinta, simpatisan dan kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mulai dari Ketua Ranting, Koordinator Kecamatan dan Wakil Ketua DPC PPP Kabupaten Magelang. 

Pada tahun 1997 beliau menjadi salah satu calon anggota legislatif dengan sistim nomor urut dan terpilih menjadi salah satu anggota DPRD dari fraksi PPP yang saat itu berjumlah 16 anggota.

Selama di DPRD beliau telah mendedikasikan tenaga dan fikirannya utk pengabdian kepada masyarakat. Terbukti dari kacakapan, kepiawaiannya, kesantunannya, keikhlasannya beliau terpilih secara berturut selama 3 periode menjadi anggota legislatif di Kabupaten Magelang dari tahun 1997-1999, 1999-2004, 2004-2009. 

Kemudian beliau melanjutkan karier ke legislatif tingkat Provinsi Jawa Tengah selama dua periode dari tahun 2009-2014, 2014- 2019. Tahun 2019 beliau tidak mencalonkan diri dengan maksud untuk regenerasi kader. 

Di tengah kesibukannya sebagai anggota legislatif beliau juga mendedikasikan diri di dunia pendidikan sebagai Ketua Yayasan Walisongo yang mengelola pendidikan dari PAUD-TK-MI-MTs-SMK. 

Sahabat Yahya Haryoko juga terjun di dunia bisnis sebagai seorang pengusaha kayu/berkore yang cukup sukses. Dari pernikahannya dg Ibu Umi Kulsum dikaruniai empat orang Putra Putri :
1. Mariana Ulfa, S2 UIN Suka Jogja,
2. Elma Nafiana Fak. Kedokteran Unissula Semarang,
3. Ahmad Nizar Lulus MAN Mgl,
4. Faiz Hamdan, SMP Syubbanul Wathon Tegalrejo.

Pada hari Jumat Legi, 24 Juli 2020 M/3 Dzulhijjah 1441 H sekitar pukul 15.30 beliau memenuhi panggilan Ilahi Robbi dalam keadaan sehat bugar sedang berolahraga. 
Semoga husnul khotimah dan mendapat tempat yg layak disisi-Nya. Aamiin.

SAYA BERSAKSI Alm H. YAHYA HARYOKO ORANG BAIK, ORANG BAIK, ORANG BAIK.

(Ditulis oleh sahabat perjuangan dan saksi hidup kesehariannya, Drs. Mujadin Putu Murja, MM.,Salaman, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Magelang)
Komentar

Terkini