Iklan

Workshop Medsos Sebagai Sarana Syiar Organisasi, Ansor Magelang Ajak Kader NU Melek Media

7/28/2020, 07:46 WIB Last Updated 2020-07-29T13:47:31Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

MAGELANG - Pengurus Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Magelang menyelenggarakan acara bertajuk Sinau Bareng Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Syiar Organisasi pada Ahad (26/07) di Warung Sambal Raja Kosek, Srowol, Progowati, Mungkid

Acara ini dihadiri oleh perwakilan setiap Pimpinan Anak Cabang GP Ansor se-Kabupaten Magelang dan juga dihadiri langsung sahabat Evi Hikmah selaku ketua PC Fatayat Kabupaten Magelang beserta delegasi pengurus Pimpinan Cabang Fatayat dan Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU Kabupaten Magelang.

Narasumber acara ini antara lain ; H.Awaludin Setya Aji (Presiden Joglo Jeep Gunungpring dan Pemerhati Medsos) dengan materi Etika Komunikasi, bersosmed dan aplikasinya; materi kedua oleh M.Habib Saleh (Wartawan Senior) yang membahas Etika Penulisan dalam Media; dan materi terakhir oleh Ahmad Muslim (Penggiat Medsos An-Nahdliyah dan Desainer Digital) dengan sinau desain grafis.

Sinau bareng ini dilatarbelakangi masih banyak Pimpinan Anak Cabang di Kabupaten Magelang yang belum mempunyai akun organisasi resmi, sehingga dengan adanya sinau bareng ini diharapkan setiap pengurus di tingkatan anak cabang maupun ranting mempunyai media sosial resmi, baik facebook, instagram, twitter maupun youtube dan dapat memanfaatkannya sebaik mungkin.

“Dalam bermedia sosial, kita terlebih dulu mengenali jati diri agar dapat membentuk visi dalam penggunaanya, sehingga media yang dibuat memberi manfaat dan dapat memberi motivasi. Sosial media menjadi syarat mutlak “senjata” berjuang, memajukan diri dan organisasi,” ungkap Awaludin Setya Aji. 

Sementara itu, selain menyampaikan etika penulisan media, M.Habib Shaleh mantan wartawan senior Suara Merdeka dan Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang menyampaikan paparan tentang pentingnya menulis terutama untuk kaum millenial.

"Syarat mutlak sebuah tulisan adalah 5w+1h. Namun yang tak kalah penting sebuah tulisan perlu adanya  aspek pesan dan moral yang harus dimunculkan. Serta sebuah liputan haruslah Jujur, akurasi, indipenden dan terbuka." Jelas Habib.

Pada akhir sesi, ditutup dengan paparan oleh Ahmad Muslim tentang desainer digital yang membahas tentang pentingnya desain saat ini untuk syiar organisasi.

"Dakwah bisa menggunakan video, dakwah menggunakan tulisan, dakwah dengan foto maupun dakwah dengan desain digital, dengan adanya media sosial, desain digital menjadi hal yang penting untuk dipelajari. Jika di wilayah kepengurusan organisasi belum banyak yang pandai dalam mendesain, kunci utama dari masalah tersebut adalah ketertarikan, dengan adanya ketertarikan akan membuat orang mau belajar dan mempelajari desain”, jelas pria yang akrab disapa Pandu.

Terakhir, M Arif Sholihan selaku ketua PC GP Ansor Magelang turut menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara sinau bareng ini dan menghimbau agar ada tindak lanjut dari masing-masing peserta yang mengikuti. 

Diketahui, kegiatan ini juga disiarkan secara langsung melalui akun resmi facebook Jane Maju Muntilan atas inisiatif dari Sahabat Lukman Fatahillah selakuWakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi.

Acara ini juga tidak berhenti sampai di sini, sebab peserta diwajibkan membuat rencana tindak lanjut pasca kegiatan tersebut utamanya mengaktifkan sosial media organisasi di tingkat kecamatan masing-masing.

Kontributor: Nur Sabila
Editor: Thoyyib Rizqi
Komentar

Terkini