Iklan

Kabupaten Magelang Siap Ambil Peran Strategis Dalam Program Perhutanan Sosial Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU)

12/10/2023, 11:02 WIB Last Updated 2023-12-10T04:02:09Z

 

 

Rakor LPPNU PW:  Kabupaten Magelang siap Ambil Peran Strategis dalam Program Perhutanan Sosial Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Kabupaten Magelang mengikuti rapat koordinasi strategis di Bobotsari Purbalingga pada 4/12. Rapat itu menegaskan keterlibatan aktif NU dalam Program Perhutanan Sosial. Rapat ini menjelaskan kerjasama antara PBNU dan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui nota kesepahaman.

NU, bersama warga Masyarakat Desa Hutan, melalui LPPNU, bersiap membantu warganya memperoleh hak atas program perhutanan sosial. Kabupaten Magelang, sebagai wilayah perencanaan perhutanan sosial, akan menjalankan program tersebut.

LPPNU berperan sebagai fasilitator dan transformator, memahamkan, mengkondisikan, dan mempersiapkan kondisi di lapangan. Langkah selanjutnya melibatkan langkah-langkah berwenang seperti PERHUTANI, LPP PWNU, dan pihak terkait untuk menindaklanjuti hingga legalitas terpenuhi.

Langkah awal LPPNU PC Kabupaten Magelang adalah memohon restu dari PCNU Kabupaten Magelang, membuat surat permohonan kepada Kehutanan Kabupaten Magelang, pendekatan pada warga untuk identifikasi dan pengumpulan data, hingga pembuatan rencana usulan.

LPPNU PC siap mendampingi dan mensinergikan kepentingan NU, serta menunjukkan eksistensinya kepada petani NU di pinggiran wilayah desa hutan. Langkah-langkah ini diambil guna mendapatkan legalitas dan mengawal pelaksanaan program pemanfaatan lahan, dengan maksimal 100 ha per kelompok dan 2 ha per KK warga sekitar hutan.

Program ini menunjukkan komitmen NU dalam pengelolaan potensi tanaman, pengolahan, dan pemasaran sesuai kondisi wilayah, menciptakan dampak positif bagi masyarakat setempat. LPPNU PC Kabupaten Magelang bertekad hadir secara nyata, mendampingi, dan memberdayakan masyarakat menuju keberlanjutan dan kesejahteraan.

Komentar

Terkini

Sejarah

+