Iklan

Upacara Hastapora Warnai Pernikahan Anggota Banser Sidomulyo Salaman

11/27/2023, 16:25 WIB Last Updated 2023-11-27T09:25:37Z

 

Pernikahan adalah iktiyar pengikatan janji suci  seorang laki-laki dan perempuan, sekaligus bentuk ibadah umat Nabi Muhammad yang amat mulia, Suci yang sarat akan kesakralanya. Dan tidak boleh dilakukan asal dilakukan dengan tergesa-gesa, karena pernikahan merupakan bentuk ibadah terpanjang, terhormat yang dapat dijaga hingga maut memisahkan.
Dalam Islam nikah merupakan bagian dari kesunnahan, Sabda Nabi SAW :

النِّكَاحُ مِنْ سُنَّتِي فَمَنْ لَمْ يَعْمَلْ بِسُنَّتِي فَلَيْسَ مِنِّي

" Menikah itu bagian dari sunnahku (Muhammad), maka siapa yang tidak beramal dengan sunnahku, maka bukanlah dari golonganku." (HR. Ibnu Majah)

Diperkuat juga Penggalan Dawuh Nabi perintah untuk nikah :
تزوجوا فإِنَّي مُكاثِرٌ بكم الأُمَمَ

" Menikahlah, karena sesungguhnya aku (Muhammad) berharap akan lahir banyak umat dari kalian"

Bahkan dalam Al-Qur'an Allah SWT berfirman :
وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗ _
“ Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang ._



Faris Hidayat asal Magelang Salaman Sidomulyo yang sedang melangsungkan pernikahannya dengan Genduk Ayu Ratna Widi lestari asal daerah Magelang juga, merasa bersyukur dan bangga, karena dalam prosesi pernikahanya Sahabat Faris, sapaan sebagai anggota Ansor & Banser, di kawal oleh kawanan Banser seraya dimeriahkan Hastapora kolaborasi Sahabat-sahabat Ansor Banser yang dikemas dengan  Marching Band Nawa Gita Bahana asal Magelang, yang pernah gelanggang di 1 Abad NU Sidoarjo Jatim beberapa bulan lalu, tentunya meriah dan sangat menghibur para tamu mempelai, yang kebetulan Sahabat Faris adalah salah satu anggota Nawa Gita Bahana dan juga sebagai Banser. Hastapora tersebut "Sebagai bentuk kebersamaan dan keikutsartaan bahagia atas hilangnya kejombloan Sahabat Faris serta penerimaan anggota baru yaitu istri dari sahabat Banser" tandas salah satu Sahabat Ansor.  

Dengan segala kehormatan dan kebahagian disampaikan Selamat kepada kedua mempelai atas pernikahan dengan penuh riang gembira.

Tidak luput kemeriahan dikawalnya Hastapora mempelai dalam prosesi pernikahanya itu juga sebagai bentuk media dakwah Islamiah Ansor Banom NU yang dikemas dengan kesenian Drum Band Nawa Gita Bahana, bahwa Ansor Banser yang ada dibawah naungan Nahdhotul Ulama (NU) selalu siaga dan ada dimana-mana bersama Masyarakat.

Dalam tanggapannya Sahabat Faris begitu Bangga dalam Pernikahanya dengan mengenakan seragam BANSER. Tiada kata malu memakai seragam kebanggaan yakni Banser meskipun dalam momentum sakral, Mungkin itu ungkapan yang tepat melihat proses perjalanan melepas lajang Sahabat Faris,  yang merupakan salah satu anggota Banser Ranting Sidomulyo Kecamatan Salaman  Kabupaten Magelang tatkala mempersunting gadis idamannya, Nawaning Ratna Widi Lestari asal Sriwedari, semoga selalu bahagia dengan menerima apa adanya mendapat jodoh sosok Banser yang selalu siap mengabdi untuk Negeri.

Lazimnya pengantin memakai baju pada umumnya yang sudah dipersiapkan oleh pengrias, namun anak pertama dari tiga bersaudara pasangan Bahrodin dan Muslimah ini justru memilih berpakaian seragam kebesarannya yakni BANSER. Dengan percaya dirinya, bangga dan bahagia diapun menepakkan langkah kakinya menuju singgasana pelaminan dimeriahkan Hastapora puluhan Banser dan penampilan drum band Nawa Gita Bahana yang unik dan menarik, diiringi lagu kehormatan NU Mars Syubbanul Wathon.


Selamat menjalani pernikahan yang bahagia, sahabatku. Selamat mengemban amanah baru sebagai seorang suami/istri, lakukan semua karena untuk mencari ridha pada-Nya.
Untuk terakhir kalinya dalam do'a dari Sahabat-sahabat Ansor Banser Sidomulyo ;
“Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah, senantiasa diberi kemudahan dan kekuatan dalam pengabdian keluarga dan agama,”

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ
 _Semoga Allah memberkahimu di waktu bahagia dan memberkahimu di waktu susah, serta semoga Allah mempersatukan kalian berdua dalam kebaikan” (HR. Abu Dawud).
_
Drojogan, 21 November 2023
Khodim Ansor Sidomulyo


Komentar

Terkini

Sejarah

+