Iklan

Semaan Al Quran JQH-NU Dukun Dalam Rangka Peringati Haul Mbah Kyai Mukri Banyubiru Dukun

7/08/2023, 11:23 WIB Last Updated 2023-07-08T04:23:25Z

 


Siapakah Mbah K.H.Mukri,?Beliau adalah seorang ulama yang hidup sekitar 69 tahun yang lalu. Beliau meninggal pada tahun 1954. Beliau semasa dengan Allahu Yarham simbah K.H. Dalhar. Selain sebagai ulama didaerah Kab. Magelang, beliau juga sebagai cikal bakal desa Banyubiru, kecamatan Dukun. Kabupaten. K.Muta'allim, selaku ketua PAC jQHNU Kecamatan Dukun, menyatakan selain memasyakatkan Al Qur'an, juga meningkatkan baik kualitas maupun kuantitas dalam menjaga kesucian dan kemurnian Al Qur'an. Lebih dari itu dalam sambutannya, Muta'allim mengatakan bahwa Al Qur'an sebagai Kitab Suci umat Islam, bukan hanya dibaca, dipahami, diajarkan, menurutnya, adalah al Qur'an tersebut adalah diamalkan dalam kehidupan sehari hari.
Kegiatan semaan Al Qur'an baik bil ghaib dan bin Nadhar dapat mengkhatamkan 4 kali khataman. Adapun pahala dari sema'an Al Qur'an tersebut dikirimkan kepada para aulia dan ulama, khususnya al Mahfurlah Simbah K.H. Mukri.

 


Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama PAC JQH.NU Kecamatan Dukun, MWC NU Kecamatan Dukun, juga masyarakat sekitar. Kegiatan ini adalah kegiatan insidental PAC JQH NU. Hal ini sebagaimana disampaikan K.Nasta'in, selaku Rois Majelis Ilmi PAC JQHNU Kecamatan Dukun. Menurutnya, Kegiatan PAC  JQHNU, Selain sema'an Al Qur'an yang dilaksanakan setiap selapan sekali, tepatnya setiap hari Sabtu pahing. Kegiatan selapanan Sabtu pahing dilaksanakan di kantor MWC NU Dukun.



Kontributor : Asnawi

Komentar

Terkini