Iklan

Tingkatkan Kapasitas Pengurus dan Relawan,LPBI-NU Magelang Gelar Pelatihan Penanggulangan Kebencanaan

8/29/2022, 06:31 WIB Last Updated 2022-08-28T23:31:58Z

MAGELANG-Dalam rangka meningkatkan kapasitas relawan penanganan kebencanaan dan pengelolaan manajemen, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) PCNU Kabupaten Magelang menggelar Pelatihan Penanggulangan Kebencanaan pada hari Sabtu (27/08/2022)

Kegiatan yang dilaksanakan di Halaman Gedung PCNU Kabupaten Magelang ini, LPBI-PCNU bekerjasama dengan BPBD, PMI, BASARNAS Kabupaten Magelang membekali para peserta   tentang Manajemen Posko, Tim Reaksi Cepat, SAR (Search and Rescue), Dapur Umum dan Pertolongan Pertama Gawat Darurat. 
Dalam acara pembukaan Pelatihan Kebencanaan LPBI dihadiri oleh Rois Syuriyah dan Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Magelang KH Toha Mansur dan KH Ahmad Izzudin beserta jajaran dan Badan Otonom PCNU Kabupaten Magelang; Ketua LPBI-PWNU Jawa Tengah, Winarti; BPBD Kabupaten Magelang, PMI Kabupaten Magelang dan Basarnas Kabupaten Magelang.

"Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperkuat kapasitas LPBI tingkat MWC se Kabupaten Magelang dalam menginterpretasikan Kegiatan penanganan darurat secara efektif dalam mengendalikan ancaman/penyebab bencana, dan menanggulangi dampak pada suatu keadaan darurat,” ujar Ketua LPBI-PCNU Kabupaten Magelang, Sularno pada Sabtu (28/8/22).

"Dengan mengikuti kegiatan ini diharap dapat meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilan pengurus dan relawan LPBI NU Kabupaten Magelang ketika melakukan respons bencana seperti tanah longsor, angin putih beliung, banjir bandang dan rutinitas gunung berapi." pungkasnya.
Ketua Panitia Pelatihan Penanganan Kebencanaan LPBI NU Kabupaten Magelang, Mardan mengungkapkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 86 peserta.

"Peserta yang mengikuti pelatihan ini berasal dari 21 Perwakilan MWC se Kabupaten Magelang. Kegiatan ini diselenggarakan mulai hari Sabtu-Ahad, 27-28 Agustus 2022,"jelas Mardan.

"Nantinya, sebagai Rencana Tindak Lanjut para peserta diwajibkan untuk menata LPBI di tingkat MWC masing-masing." pungkas Mardan.

Tidak hanya SDM, saat ini kesiapan LPBI-PCNU Kabupaten Magelang dalam menanggapi situasi kebencanaan sudah didukung dengan peralatan mumpuni untuk dapur umum, SAR, Pertolongan Pertama Gawat Darurat, Logistik dan transportasi cepat tanggap yang didukung penuh oleh PCNU Kabupaten Magelang.
Jumlah total Pengurus dan Relawan LPBI PCNU Kabupaten Magelang saat ini sebanyak 250 orang yang tersebar dipenjuru Kabupaten Magelang. Terutama pada lingkar Gunung Merapi dan lingkar Gunung Merbabu.

Pewarta: Thoyyib Rizqi 
Komentar

Terkini