Iklan

Keistimewaan Magelang Bersholawat

10/15/2019, 12:14 WIB Last Updated 2019-10-15T05:14:35Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

Malam ini di lapangan Drh. Soepardi Kota Mungkid Kabupaten Magelang, ribuan orang berbaju putih duduk memadati tanah lapang nan luas. Di bawah sinar lampu dan temani terpaan sinar rembulan, mereka melantunkan bait-bait pujian kepada Sang Pujaan demi mendapatkan syafaat di hari pertolongan. Sekelumit kalimat itu telah sedikit menggambarkan bagaimana suasana yang ada di momentum Magelang Bersholawat.
Ketika ditelisik lebih mendalam, esensi Bersholawat belum banyak diketahui secara mendetail oleh kebanyakan orang, bahkan para jamaah yang hadir pun tak seberapa yang menyadarinya. Mayoritas dari mereka menganggap bahwa Bersholawat adalah acara majlis sholawat. Tanpa disadari, mereka telah meraih pundi-pundi amal yang lain. Di antaranya:

Majlis Dzikir
Sudah menjadi sebuah tradisi turun temurun, di setiap acara yang digelar oleh jamiyyah Nahdlatil Ulama selalu diselingi dengan pembacaan dzikir yang berupa Tahlil dan doa. Tahlil dan doa tersebut ditujukan untuk Muassis (pendiri) NU, dan para Masyayikh yang telah wafat, dan segenap ahli kubur muslimin dan muslimat.

Majlis Ilmu
Luqman Al-Hakim, seorang ahli hikmah yang namanya diabadikan dalam menjadi nama Surat di Al-Qur’an, pernah berpesan kepada putranya mengenai pentingnya hadir dalam majlis ilmu:
يَا بُنَيَّ ، عَلَيْكَ بِمَجَالَسَةِ الْعُلَمَاءِ ، وَاسْتِمَاعِ كَلامِ الْحُكَمَاءِ ، فَإِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يُحْيِي الْقُلُوبَ بِنُورِ الْحِكْمَةِ كَمَا يُحْيِي الأَرْضَ بِوَابِلِ الْمَطَرِ
“Wahai anakku, teruslah engkau duduk bersama para ulama dan mendengarkan kalam hikmah (ilmu). Karena sesungguhnya Allah menghidupkan hati dengan cahaya hikmah sebagaimana Allah menghidupkan bumi dengan tetesan hujan.”

Majlis Sholawat
Sesuai dengan temanya, Magelang Bersholawat bersama Habib Syaikh yang diadakan PCNU Kab. Magelang ini merupakan perkumpulan untuk membaca sholawat untuk baginda Rasul. Bersholawat, bukan hanya sekedar doa untuk junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Bersholawat juga adalah bukti kecintaan sorang hamba kepada Nabinya. Betapa besar dan agungnya kehebatan sholawat, ia yang memiliki ribuan macam jenis dan nama juga memiliki ribuan macam jenis dan keutamaan yang berbeda-beda serta saling melengkapi. Ada sholawat yang jika dibaca akan menghilangkan kesusahan, menarik rizki, bahkan ada yang dijelaskan khasiatnya dapat menjadi wasilah mimpi bertemu Nabi Muhammad SAW.

Dalam kitab Al-Fawaid Al-Mukhtaroh yang saya kutip dari whatsapp group, Syaikh Abdul Wahhab Asy Sya’roni meriwayatkan bahwa Abul Mawahib Asy Syadzily yang berkata:

رَأَيْتُ سَيِّدَ الْعَالَمِيْنَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْتُ يَا رَسُوْلَ اللهِ صَلاَةُ اللهِ عَشْرًا لِمَنْ صَلَّى عَلَيْكَ مَرَّةً وَاحِدَةً هَلْ ذَلِكَ لِمَنْ حَاضَرَ الْقَلْبَ ؟
Aku pernah bermimpi bertemu Baginda Nabi Muhammad SAW, aku bertanya “Ada hadis yang menjelaskan sepuluh rahmat Allah diberikan bagi orang yang berkenan membaca shalawat, apakah dengan syarat saat membaca harus dengan hati hadir dan memahami artinya?”

قَالَ لاَ، بَلْ هُوَ لِكُلِّ مُصَلٍّ عَلَيَّ وَلَوْ غَافِلاً
Kemudian Nabi menjawab “Bukan, bahkan itu diberikan bagi siapa saja yang membaca shalawat meski tidak faham arti shalawat yang ia baca.”
Allah swt. memerintahkan malaikat untuk selalu memohonkan doa kebaikan dan memintakan ampun bagi orang tersebut. Terlebih jika ia membaca dengan hati hadir, pasti pahalanya sangat besar, hanya Allah yang mengetahuinya.

waAllahu a’lam
Hormat saya untuk Mas Chakimuddin, Selaku Ketua Panitia Hari Santri Nasional 2019 PCNU Kab. Magelang, Bapak Tanfidz Kyai Izzudin Abdurahman, Bapak Syuriah Kyai Thoha Manshur. Semoga Dengan Suksesnya Magelang Bersholawat Magelang kian berkah.

Penulis: Muhammad Fahrerezzi


Komentar

Terkini