Iklan

Peringati 1 Abad NU, PBNU Gandeng PCNU Magelang Gelar NU Bersholawat di Candi Borobudur

11/19/2022, 14:08 WIB Last Updated 2022-11-19T07:08:28Z


MAGELANG-Dalam rangka menyongsong 1 Abad NU, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar acara Nahdlatul Ulama Bersholawat bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf pada Kamis malam (17/11/2022) di Taman Lumbini, Halaman Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Acara yang bertajuk ‘Merawat Jagad, Membangun Peradaban’ ini dihadiri oleh KH. Ahmad Said Asrori (Rois Syuriyah PBNU), Gus Ipul (Sekjend PBNU), Gus Lutfan (Bendahara Umum PBNU), KH. Muzamil (Tanfidziyah PWNU), KH. Mahsun (Wakil Tanfidziyah PWNU) dan juga seluruh jajaran syuriyah dan tanfidziyah PCNU Kabupaten Magelang.

Tak hanya tokoh-tokoh NU, masyarakat, pejabat pemerintah saja yang bersholawat bersama di acara ini. Tetapi juga diikuti oleh para santri dan syechermania yang hadir secara offline maupun online.
Momen Nahdlatul Ulama Bersholawat ini merupakan momen istimewa karena selain bersholawat kepada Kanjeng Nabi Muhammad sekaligus menyongsong 1 Abad NU, juga merupakan momen pertama kalinya Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf bersholawat di Candi Borobudur.

"Untuk pertama kalinya dalam sejarah, kita bersholawat di Taman Lumbini, Candi Borobudur ini. Tentu ini menjadi tugas kita bersama warga nahdliyin di Kabupaten Magelang khsusnya di MWC NU Kecamatan Borobudur yang kita nobatkan sebagai MWC internasional Karena tamunya datang dari segala penjuru,” ungkap Al-Mukarrom KH. Ahmad Izzudin, Lc., M.S.I., Ketua PCNU Kabupaten Magelang.

Sebelum melantunkan sholawat bersama para nahdliyin dan nahdliyat yang hadir, terlebih dahulu hadirin membaca kalimah thayyibah atau tahlil yang dipimpin oleh Ky Muhadi Sya'bani.

Acara dimulai pukul 19.00 WIB dan tersedia juga siaran langsung melalui kanal YouTube PCNU Kabupaten Magelang agar para nahdliyin dan nahdliyat yang berhalangan hadir secara luring tetap bisa hadir secara virtual.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin, S.I.P mengucapkan selamat kepada NU yang akan segera menyonsong satu abadnya dan berpesan bahwa momen 1 Abad NU ini merupakan momen yang tepat untuk NU berefleksi atas kiprahnya selama ini.

"Selamat hari Lahir NU ke-100 tahun atau 1 Abad NU. Ini adalah momentum yang tepat bagi NU untuk merefleksikan diri atas kiprah yang telah dilakukan NU, utamanya dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” pesan Bupati Magelang.

"Insyaallah dengan sholawat, NU akan semakin besar, NKRI semakin jaya, Kabupaten Magelang semakin maju dan sejahtera," tuturnya.
Selain itu, Katib 'Am PBNU, Al-Mukarrom KH. Ahmad Said Asrori juga menyampaikan pengumuman beberapa agenda yang menjadi rangkaian acara 1 Abad NU mendatang. Di antaranya adalah perhelatan Pekan Olahraga NU, Muktamar Fikih Dunia hingga acara puncak hari lahir 1 Abad NU yang akan digelar di Sidoarjo.
"Insyaallah agenda rangkaian 1 Abad NU, sudah beberapa yang terlaksana, salah satunya, muktamar tokoh-tokoh agama dunia atau R20, berlangsung sukses. Insyaallah nanti akan dilaksanakan Pekan olahraga Nahdlatul Ulama pada tanggal 11-15 Januari 2023, yang diikuti oleh PWNU seluruh Indonesia,” ungkapnya.

“Selanjutnya akan dilaksanakan Muktamar Fikih Dunia pada tanggal 15 Rajab mendatang di Surabaya, yang akan turut mengundang ulama seluruh dunia. Dan acara puncaknya, puncak hari lahir NU 16 Rajab nanti PBNU akan mengajak seluruh warga NU untuk bersholawat bersama di Gelora Delta, Sidoarjo,” imbuhnya.
Kontributor: Lutfi Maulida

Komentar

Terkini